Seminar Nasional Internet Sehat

Kamis 14 Juni 2012, hari ini adalah hari pertama kegiatan Seminar Nasional Internet sehat dan aman yang di selenggarakan oleh pemerintah Kota Bekasi. Dalam kegiatan ini pemerintah Kota Bekasi menghadirkan 100 orang peserta baik itu PNS dilingkungan Pemkot Bekasi, guru-guru di wilayah Bekasi Kota dan Kabupaten, serta beberapa orang peserta dari daerah, seperti : Banten, Bogor, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta dan lainnya. Saya merasa senang dan bersyukur dapat mengikuti kegiatan yang cukup bagus seperti ini.

Pada pukul 10.00 sudah banyak peserta yang hadir di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, tempat diselenggarakannya kegiatan tersebut. Peserta mulai registrasi hingga pukul 12 siang, sedangkan pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB. Pada sesi ini menghadirkan Walikota Bekasi Dr. Rahmat Effendi, melalui sambutannya beliau menegaskan sangat merespon dan mendukung kegiatan seperti ini dan beliau menyarankan agar kegiatan ini bisa dilanjutkan pada waktu yang akan datang.

Setelah sesi pembukaan selesai, acara dilanjutjan dengan kegiatan Seminar. Pada sesi pertama dalam seminar ini menghadirkan Ibu Mariam F Barata dari Kementrian Komunikasi dan Informasi. Dalam makalahnya pembicara pertama ini menyampaikan materi diantaranya tentang kebijakan Pemerintah mengenai interet sehat. Selain itu saat ini pemerintah juga mulai menggalakkan kegiatan “Gerakan Guru Melek Internet” yang bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI), dengan gerakan ini diharapkan guru akan mengetahui manfaat internet, diantaranya :

  • Menambah dan meningkatkan pengetahuan
  • Mudah mendapatkan informasi-informasi penting seputar dunia pendidikan
  • Mendapatkan informasi dengan cepat
  • Bisa memilih dan mendapatkan bahan ajar
  • Sharing ilmu, cerita dan pengalaman kepada rekan-rekan guru yang lain yang ada di dalam ataupun di luar negeri
  • Dengan memiliki situs atau blog bisa mengasah kemampuan menulis agar lebih baik lagi
  • Guru juga bisa eksis tidak hanya di kelas dan di sekolah  tapi juga  di dunia maya
Selain itu, guru juga berperan untuk mendorong dan mengawasi siswanya untuk berinternes secara sehat dan aman serta produktif. Hal ini sudah pasti tidak akan terjadi jika gurunya tidak memahami internet itu sendiri.
Dan dalam rangka membendung ataupun menyaring konten-konten yang negatif yang banyak terdapat di dunia maya, saat ini sedang digalakkan penggunaan DNS NAWALA
ataupun filter-filter lain yang disediakan oleh google, yahoo dan lain sebagainya.
Setelah materi sesi pertama selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pengarahan oleh Ketua Komisi D DPRD Kota Bekasi Herri Koswara, pada intinya beliau sangat mendukung kegiatan semacam ini bahkan beliau menyarankan agar dibuatkan sebuah rekomendasi ke Komisi D DPRD Kota Bekasi agar bisa menganggarkan kegiatan serupa pada tahun anggaran berikutnya.
Seminar sesi pertama ini berakhir hingga menjelang Adzan Maghrib, setelah itu peserta istirahat hingga pukul 19.00, untuk selanjutnya mengikuti sesi kedua.
Pada sesi kedua di isi oleh Onno W Purbo, dalam materinya beliau lebih menekankan pada penggunaan OPEN SOURCE (LINUX) yang semua sistemnya adalah “free” . Dalam materinya ini beliau mempraktekkan bagaimana pemanfaat OS dalam pembelajaran dari tingkat TK hingga tingkat menengah, selain itu Onno W Purbo juga menyampaikan bagaimana agar siswa tidak membuka situs-situs yang tidak baik, yaitu dengan menjadikan OFF LINE internet atau situs-situs yang bagus dengan cara mengcopy situs-situs tersebut kedalam hardisk.
Melihat materi ini hampir semua peserta menjadi bingung, heran, dan juga kagum, bercampur aduk menjadi satu. Pada intinya di sesi yang kedua ini peserta begitu antusias mengikuti materi yang kedua ini, hingga tak terasa sudah lewat dari pukul 21.
Setelah itu peserta pun masuk kamar masing-masing, dan saya sendiri berada dikamar 19 lantai 14 bersama Pak Matroji (SMK Attaqwa 05), Pak Dhani Setiawan (SMK Yadika 13) dan Pak Hadi Nurhadi (MTs. Attaqwa 19).
Jum’at 15 Juni 2012, hari kedua seminar nasional dimulai dengan sarapan pagi. Baru pada pukul 09.00 dimulai sesinya Pak Wijaya Kusuma (Om Jay) dengan tema “Menjadi Guru Hebat dengan Internet Sehat”. Diantara isi materi yang beliau sampaikan adalah : pendidkan diibaratkan sebagai sebuah pohon yang berakarkan Moral dan Agama Berbatang Ilmu Pengetahuan Beranting amal Perbuatan Berdaun Tali Silaturrahim dan Berbuahkan Bahagia Dunia dan Akhirat.
Pada kesempatan ini Om Jay (begitu biasa ia dipanggil), selalu mengingatkan kepada semua peserta seminar untuk rajin menulis, karena dengan menulislah beliau sudah merasakan manfaatnya, terlebih untuk para PNS. Karena saat ini menulis sudah menjadi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat dan juga golongan. Dan dari menulis juga lah saat ini beliu sudah memiliki sebua MOBIL AVANZA. Selamat OM JAY!.
Pada sesi terakhir dari seminar ini diisi oleh Doni B U, beliau adalah pakar ataupun penggiat internet sehat. Beliau menyampaikan perkembangan pengguna internet di Indonesia hingga akhir 2011i sudah mencapai 55 juta orang, belum lagi yang menggunakkan HP sudah mencapai 29 juta orang.
Melihat begitu tingginya pengguna internet di ndonesia, hingga akhirnya memunculkan kekhawatiran penggunaan internet secara tidak sehat. Berfikir dari situlah beliau mulai tahun 2002 sudah berkampanye tentang penggunaan internet secara sehat. Sehingga ketika sudah mulai masuk dunia ini, maka siapapun orangnya harus tahu segala resiko yang bisa terjadi. Sehingga ketika berinternet, maka yang paling diwaspadai adalah hal yang berhubungan dengan “PRIVACY”.
Setelah materi ini selesai, seminar ditutup dengan terlebih dahulu membuat rekomendasi bagi Komisi D DPRD Kota Bekasi, agar kegiatan semacam ini bisa dillanjutkan, bahkan bisa diperbanyak volumenya.

Tinggalkan komentar